• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI POLA BILANGAN DI KELAS VIII KECAMATAN DELITUA T. A. 2020/2021

    Thumbnail
    View/Open
    Anggi Petrasia Saragi.pdf (334.3Kb)
    Date
    2020-09-12
    Author
    Saragi, Anggi Petrasia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi pola bilangan di Kelas VIII Kecamatan Delitua T. A. 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu 40 siswa kelas VIII SMP yang berada di Kelurahan Delitua Barat, seluruh siswa dipilih menjadi sampel dengan membentuk 2 kelompok, yaitu: kelompok 1 sebagai kelas eksperimen I diajarkan dengan model discovery learning, kelompok 2 sebagai kelas eksperimen II diajarkan dengan model kooperatif tipe jigsaw. Instrumen yang digunakan berupa tes dalam bentuk essay yang telah dilakukan uji validitas instrumen. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen I adalah 82,2 dengan standar deviasi 6,77 dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen II adalah 73,3 dengan standar deviasi 10,14. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji analisis varians data post-test diperoleh Fhitung = 2,243 dan Ftabel = 2,18. Ternyata Fhitung> Ftabel sehingga H0 ditolak yang berarti ada perbedaan dari kedua sampel tersebut. Karena H0 ditolak maka dilanjut ke uji hipotesis. Uji hipotesis dua pihak dengan α = 0,05 diperoleh thitung = 3,27 dan ttabel = 2,09, dimana thitung tidak terletak pada interval -ttabel = -2,09 dan ttabel = 2,09 sehingga ada perbedaan dari kedua sampel. Artinya ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi pola bilangan di Kelas VIII Kecamatan Delitua T. A. 2020/2021.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5015
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback