Show simple item record

dc.contributor.authorBr. Ginting, Karmila Natalia
dc.date.accessioned2021-02-03T04:49:32Z
dc.date.available2021-02-03T04:49:32Z
dc.date.issued2020-07-28
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4996
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir logis matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran Discovery Learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Swasta Advent Barusjulu. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan post-test. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Swasta Advent Barusjulu yang terdiri dari 4 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 dan kelas VIII-2 yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama, namun dikarenakan situsi Covid-19 maka hanya 20 orang peserta didik dari setiap kelas yang menjadi sampel. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen I adalah 79,1 dengan standar deviasi 14,345 dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen II adalah 66 dengan standar deviasi 13,900. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji analisis varians data post-test diperoleh Fhitung = 1,063 dan Ftabel = 2,15. Ternyata Fhitung < Ftabel sehingga H0 diterima yang berarti kedua sampel berasal dari populasi yang sama (homogen). Karena H0 diterima maka dilanjut ke uji hipotesis. Uji hipotesis dengan α = 0,05 diperoleh thitung = 2,934 dan ttabel = 2,024 dimana thitung > ttabel (2,934 > 2,024) sehingga ada perbedaan dari kedua sampel hipotesis diberi kesimpulan yaitu ada perbedaan kemampuan berpikir logis matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran Discovery Learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Swasta Advent Barusjulu.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Problem Based Learning,en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Discovery Learning danen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Logis Matematis.en_US
dc.titlePERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP SWASTA ADVENT BARUSJULUen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record