PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP SWASTA ADVENT BARUSJULU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir logis matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran Discovery Learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Swasta Advent Barusjulu. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan post-test. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Swasta Advent Barusjulu yang terdiri dari 4 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 dan kelas VIII-2 yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama, namun dikarenakan situsi Covid-19 maka hanya
20 orang peserta didik dari setiap kelas yang menjadi sampel. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen I adalah 79,1 dengan standar deviasi 14,345 dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen II adalah 66 dengan standar deviasi 13,900. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji analisis varians data post-test diperoleh Fhitung = 1,063 dan Ftabel
= 2,15. Ternyata Fhitung < Ftabel sehingga H0 diterima yang berarti kedua sampel
berasal dari populasi yang sama (homogen). Karena H0 diterima maka dilanjut ke
uji hipotesis. Uji hipotesis dengan α = 0,05 diperoleh thitung = 2,934 dan ttabel =
2,024 dimana thitung > ttabel (2,934 > 2,024) sehingga ada perbedaan dari kedua
sampel hipotesis diberi kesimpulan yaitu ada perbedaan kemampuan berpikir logis
matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran Discovery Learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Swasta Advent Barusjulu.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]