• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP SWASTA ADVENT BARUSJULU

    Thumbnail
    View/Open
    Karmila Nataria Br Ginting.pdf (312.0Kb)
    Date
    2020-07-28
    Author
    Br. Ginting, Karmila Natalia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir logis matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran Discovery Learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Swasta Advent Barusjulu. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan post-test. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Swasta Advent Barusjulu yang terdiri dari 4 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 dan kelas VIII-2 yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama, namun dikarenakan situsi Covid-19 maka hanya 20 orang peserta didik dari setiap kelas yang menjadi sampel. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen I adalah 79,1 dengan standar deviasi 14,345 dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen II adalah 66 dengan standar deviasi 13,900. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji analisis varians data post-test diperoleh Fhitung = 1,063 dan Ftabel = 2,15. Ternyata Fhitung < Ftabel sehingga H0 diterima yang berarti kedua sampel berasal dari populasi yang sama (homogen). Karena H0 diterima maka dilanjut ke uji hipotesis. Uji hipotesis dengan α = 0,05 diperoleh thitung = 2,934 dan ttabel = 2,024 dimana thitung > ttabel (2,934 > 2,024) sehingga ada perbedaan dari kedua sampel hipotesis diberi kesimpulan yaitu ada perbedaan kemampuan berpikir logis matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran Discovery Learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Swasta Advent Barusjulu.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4996
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback