Show simple item record

dc.contributor.authorNduru, Yulisa
dc.date.accessioned2021-01-26T03:25:52Z
dc.date.available2021-01-26T03:25:52Z
dc.date.issued2020-09-29
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4860
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Minat Belajar Matematis Siswa pada Materi Aljabar di Kelas VIII SMP Negeri 2 Tigabinanga T. A. 2020/2021. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitiannya adalah Quasi Experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tigabinanga. Dengan menggunakan teknik total Sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VIII-1) dan sebagai kelas kontrol (VIII-2). Instrumen yang digunakan adalah tes angket. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan minat belajar menunjukkan bahwa nilai (sig.) 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan kelas eksperimen pada kemampuan minat belajar mempunyai nilai rata-rata 86,9. Pada kelas kontrol kemampuan minat belajar mempunyai nilai rata-rata 53,35. Dengan memperhatikan nilai (sig.) yang diperoleh maka dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kemampuan minat belajar matematis siswa pada materi aljabar di Kelas VIII SMP Negeri 2 Tigabinanga T.A. 2020/2021. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat disimpulakan pendekatan pembelajaran realistic mathematic education (RME) memberi pengaruh lebih tinggi dari pada pendekatan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan minat belajar matematis siswa pada materi aljabar di Kelas VIII SMP Negeri 2 Tigabinanga T.A. 2020/2021.en_US
dc.subjectPendekatan Realistic Mathematic Education (RME),en_US
dc.subjectKemampuan Minat Belajaren_US
dc.titlePengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Minat Belajar Matematis Siswa pada Materi Aljabar di SMP N 2 Tigabinanga T. A 2020/2021en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record