Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Minat Belajar Matematis Siswa pada Materi Aljabar di SMP N 2 Tigabinanga T. A 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Minat Belajar Matematis Siswa pada Materi Aljabar di Kelas VIII SMP Negeri 2 Tigabinanga T. A. 2020/2021. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitiannya adalah Quasi Experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tigabinanga. Dengan menggunakan teknik total Sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VIII-1) dan sebagai kelas kontrol (VIII-2). Instrumen yang digunakan adalah tes angket. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan minat belajar menunjukkan bahwa nilai (sig.) 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan kelas eksperimen pada kemampuan minat belajar mempunyai nilai rata-rata 86,9. Pada kelas kontrol kemampuan minat belajar mempunyai nilai rata-rata 53,35. Dengan memperhatikan nilai (sig.) yang diperoleh maka dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kemampuan minat belajar matematis siswa pada materi aljabar di Kelas VIII SMP Negeri 2 Tigabinanga T.A. 2020/2021. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat disimpulakan pendekatan pembelajaran realistic mathematic education (RME) memberi pengaruh lebih tinggi dari pada pendekatan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan minat belajar matematis siswa pada materi aljabar di Kelas VIII SMP Negeri 2 Tigabinanga T.A. 2020/2021.
Collections
- Pendidikan Matematika [625]