• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Minat Belajar Matematis Siswa pada Materi Aljabar di SMP N 2 Tigabinanga T. A 2020/2021

    No Thumbnail [100%x160]
    View/Open
    Yulisa Nduru.pdf (296.5Kb)
    Date
    2020-09-29
    Author
    Nduru, Yulisa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Minat Belajar Matematis Siswa pada Materi Aljabar di Kelas VIII SMP Negeri 2 Tigabinanga T. A. 2020/2021. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitiannya adalah Quasi Experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tigabinanga. Dengan menggunakan teknik total Sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VIII-1) dan sebagai kelas kontrol (VIII-2). Instrumen yang digunakan adalah tes angket. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan minat belajar menunjukkan bahwa nilai (sig.) 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan kelas eksperimen pada kemampuan minat belajar mempunyai nilai rata-rata 86,9. Pada kelas kontrol kemampuan minat belajar mempunyai nilai rata-rata 53,35. Dengan memperhatikan nilai (sig.) yang diperoleh maka dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kemampuan minat belajar matematis siswa pada materi aljabar di Kelas VIII SMP Negeri 2 Tigabinanga T.A. 2020/2021. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat disimpulakan pendekatan pembelajaran realistic mathematic education (RME) memberi pengaruh lebih tinggi dari pada pendekatan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan minat belajar matematis siswa pada materi aljabar di Kelas VIII SMP Negeri 2 Tigabinanga T.A. 2020/2021.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4860
    Collections
    • Pendidikan Matematika [685]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    NoThumbnail