Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan T.A. 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 37 T.A. 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII-A dan Kelas VIII-C. Teknik pengumpulan data menggunakan tes bentuk uraian. Teknik analisis data yang digunakan untuk tes bentuk uraian adalah uji prasyarat yaitu uji normalitas dan dilanjutkan dengan Uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 37 Medan T.A. 2020/2021 pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan taraf signifikansi peneliti lebih kecil dari signifikansi α = 0,05 yaitu pada kemampuan komunikai matematis (0,493 > 0,05) dan pada kemampuan pemecahan masalah matematis (0,637 > 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah setiap kelas VIII SMP Negeri 37 Medan T.A. 2020/2021 memiliki kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbeda pada materi sistem persamaan linear dua variabel.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]