Show simple item record

dc.contributor.authorSiahaan, Deborah Septiana
dc.date.accessioned2020-12-07T04:37:11Z
dc.date.available2020-12-07T04:37:11Z
dc.date.issued2020-09-05
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4565
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dan berapa persentase besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Rantau Utara T.P 2020/2021. Dengan teknik cluster random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-5). Instrumen yang digunakan adalah post-test dari hasil belajar dan lembar observasi terhadap guru dan siswa. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi Y ̂=19,929 + 0,724 X . Untuk uji kelinearan regresi post test diperoleh Fhitung = 0,855 maka Fhitung < Ftabel atau 0,855 < 2,45 maka Ha diterima sehingga terdapat hubungan yang linear model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Kemudian untuk uji keberartian regresi antara X dan Y diperoleh Fhitung = 15,357 maka Fhitung > Ftabel atau 15,357 > 4,20 maka Ha diterima sehingga terdapat keberartian regresi antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Berdasarkan hasil analisis uji kelinearan dan uji keberartian regresi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dan persentase besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi sistem persamaan linear dua variabel dikelas VIII SMP Negeri 3 Rantau Utara T.P 2020/2021 adalah 35,42% .en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD),en_US
dc.subjectKemampuan Pemahaman Konsep Matematis,en_US
dc.subjectMateri Sistem Persamaan Linear Dua Variabelen_US
dc.title“Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 3 Rantau Utara T.P 2020/2021”.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record