“Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 3 Rantau Utara T.P 2020/2021”.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dan berapa persentase besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Rantau Utara T.P 2020/2021. Dengan teknik cluster random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-5). Instrumen yang digunakan adalah post-test dari hasil belajar dan lembar observasi terhadap guru dan siswa. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi Y ̂=19,929 + 0,724 X . Untuk uji kelinearan regresi post test diperoleh Fhitung = 0,855 maka Fhitung < Ftabel atau 0,855 < 2,45 maka Ha diterima sehingga terdapat hubungan yang linear model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Kemudian untuk uji keberartian regresi antara X dan Y diperoleh Fhitung = 15,357 maka Fhitung > Ftabel atau 15,357 > 4,20 maka Ha diterima sehingga terdapat keberartian regresi antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Berdasarkan hasil analisis uji kelinearan dan uji keberartian regresi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dan persentase besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi sistem persamaan linear dua variabel dikelas VIII SMP Negeri 3 Rantau Utara T.P 2020/2021 adalah 35,42% .
Collections
- Pendidikan Matematika [625]