Show simple item record

dc.contributor.authorPurba, Romario Martin
dc.date.accessioned2020-12-07T04:31:00Z
dc.date.available2020-12-07T04:31:00Z
dc.date.issued2020-09-01
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4564
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa pada materi Bangun Ruang di Kelas VIII Kecamatan Delitua T. A. 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu 12 siswa kelas VIII SMP yang berada di Lingkungan VIII Kelurahan Deli Tua Barat, dan seluruh siswa dipilih menjadi sampel, dari analisis data diperoleh persamaan regresi untuk kemampuan berfikir kritis Y ̂ = 8,469 + 0,825X. Pada persamaan regresi tersebut, diperoleh nilai b bertanda positif, yang artinya bahwa variabel mempunyai hubungan linear yang positif. Dengan uji Koefisien Korelasi, model pembelajaran contextual teaching and learning (X) terhadap kemampuan berfikir kritis siswa (Y) diperoleh koefisien korelasi atau rhitung sebesar 0,594 sehingga dapat disimpulkan berdasarkan tingkat keeratan hubungan dari Guilford Emperical Rulesi bahwa variabel X (model pembelajaran contextual teaching and learning) dan variabel Y (kemampuan berfikir kritis) memiliki hubungan yang sedang. Dari uji keberartian koefisien korelasi diperoleh thitung sebesar 2,335 dengan taraf signifikan 5% dk = N – 2, maka harga ttabel sebesar 2,228. Ternyata harga ttabel < thitung (2,228 < 2,335) sehingga Ha diterima. Ini berarti harga thitung adalah signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa. Dan dari uji keberartian regresi pada kemampuan berfikir kritis diperoleh Fhitung > Ftabel atau 5,46 > 4,95. Ternyata Fhitung > Ftabel sehingga Ha diterima yang berarti ada pengaruh dari Kemampuan Berfikir Kritis Matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Bangun Ruang di Kelas VIII Kecamatan Deli Tua T.A. 2020/2021.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) danen_US
dc.subjectKemampuan Berfikir Kritis Matematis.en_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII KECAMATAN DELI TUA T.A. 2020/2021en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record