• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII KECAMATAN DELI TUA T.A. 2020/2021

    Thumbnail
    View/Open
    Romario Martin Purba.pdf (275.4Kb)
    Date
    2020-09-01
    Author
    Purba, Romario Martin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa pada materi Bangun Ruang di Kelas VIII Kecamatan Delitua T. A. 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu 12 siswa kelas VIII SMP yang berada di Lingkungan VIII Kelurahan Deli Tua Barat, dan seluruh siswa dipilih menjadi sampel, dari analisis data diperoleh persamaan regresi untuk kemampuan berfikir kritis Y ̂ = 8,469 + 0,825X. Pada persamaan regresi tersebut, diperoleh nilai b bertanda positif, yang artinya bahwa variabel mempunyai hubungan linear yang positif. Dengan uji Koefisien Korelasi, model pembelajaran contextual teaching and learning (X) terhadap kemampuan berfikir kritis siswa (Y) diperoleh koefisien korelasi atau rhitung sebesar 0,594 sehingga dapat disimpulkan berdasarkan tingkat keeratan hubungan dari Guilford Emperical Rulesi bahwa variabel X (model pembelajaran contextual teaching and learning) dan variabel Y (kemampuan berfikir kritis) memiliki hubungan yang sedang. Dari uji keberartian koefisien korelasi diperoleh thitung sebesar 2,335 dengan taraf signifikan 5% dk = N – 2, maka harga ttabel sebesar 2,228. Ternyata harga ttabel < thitung (2,228 < 2,335) sehingga Ha diterima. Ini berarti harga thitung adalah signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa. Dan dari uji keberartian regresi pada kemampuan berfikir kritis diperoleh Fhitung > Ftabel atau 5,46 > 4,95. Ternyata Fhitung > Ftabel sehingga Ha diterima yang berarti ada pengaruh dari Kemampuan Berfikir Kritis Matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Bangun Ruang di Kelas VIII Kecamatan Deli Tua T.A. 2020/2021.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4564
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback