Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Bagi Siswa SMP Swasta Methodist 1 Rantauprapat kelas VIII Tahun Pelajaran 2014/2015.
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk bagaimana langkah-langkah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) bagi siswa SMP Swasta Methodist 1 Rantauprapat.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 SMP Swasta Methodist 1 Rantauprapat yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi.
Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Berdasarkan hasil refleksi pada siklus I diperoleh 4 siswa atau 12,5 % dari jumlah siswa pada kelas tersebut mencapai pemahaman konsep matematika siswa ≥ 65%, kemudian pada siklus II diperoleh 30 siswa atau 87,5% dari jumlah siswa pada kelas tersebut mencapai pemahaman konsep matematika siswa ≥ 65%. Berdasarkan kriteria ketuntasan dapat disimpulkan bahwa ketuntasan pemahaman konsep matematika siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) sudah terpenuhi atau sudah meningkat.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dalam menyelesaikan soal pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Swasta Methodist 1 Rantauprapat Tahun Pelajaran 2014/2015.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]