• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Bagi Siswa SMP Swasta Methodist 1 Rantauprapat kelas VIII Tahun Pelajaran 2014/2015.

    Thumbnail
    View/Open
    Hotmaria Asnika.pdf (230.0Kb)
    Date
    2015-01-26
    Author
    Manik, Hotmaria Asnika Robasani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk bagaimana langkah-langkah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) bagi siswa SMP Swasta Methodist 1 Rantauprapat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 SMP Swasta Methodist 1 Rantauprapat yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Berdasarkan hasil refleksi pada siklus I diperoleh 4 siswa atau 12,5 % dari jumlah siswa pada kelas tersebut mencapai pemahaman konsep matematika siswa ≥ 65%, kemudian pada siklus II diperoleh 30 siswa atau 87,5% dari jumlah siswa pada kelas tersebut mencapai pemahaman konsep matematika siswa ≥ 65%. Berdasarkan kriteria ketuntasan dapat disimpulkan bahwa ketuntasan pemahaman konsep matematika siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) sudah terpenuhi atau sudah meningkat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dalam menyelesaikan soal pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Swasta Methodist 1 Rantauprapat Tahun Pelajaran 2014/2015.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/455
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback