Efektivitas Model Pembelajaran Osborn dengan Bantuan Alat Peraga terhadap Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masala Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bangun Purba T.A 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran osbornterhadap kemampuan koneksi dan pemecahan masalah siswa pada materi perbandingan kelas VII SMP Negeri 2 Bangun Purba T.A 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Bangun Purba T.A 2018/2019.Dengan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas VII-1. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi dan koneksi matematika dengan berbentuk uraian yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi terhadap peserta didik, guru, dan proses pembelajaran.
Setelah dilakukan perlakuan, diperoleh nilai rata-rata post-test terhadap kemampuan komunikasi 73,43 dengan standar deviasi 10,03 dan nilai rata-rata post-test terhadap kemampuan koneksi 70,52 dengan standar deviasi 9,43. Hasil uji prasyarat data post-test menyatakan sampel terdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji t (α=5%). Dari hasil uji t disimpulkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Osbornterhadap kemampuan koneksi dan pemecahan masalah siswa pada materi perbandingan kelas VII SMP Negeri 2 Bangun Purba. Besar pengaruh model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan koneksi matematika adalah 76% dan kemampuan pemecahan masalah siswa adalah 76%. Selama pembelajaran di kelas, dilakukan observasi kemampuan guru mengajar diperoleh nilai akhir dengan kategori penilaian baik.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]