• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Model Pembelajaran Osborn dengan Bantuan Alat Peraga terhadap Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masala Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bangun Purba T.A 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Dahlan Firman Pandiangan.pdf (399.2Kb)
    Date
    2019-09-18
    Author
    Pandiangan, Dahlan Firman
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran osbornterhadap kemampuan koneksi dan pemecahan masalah siswa pada materi perbandingan kelas VII SMP Negeri 2 Bangun Purba T.A 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Bangun Purba T.A 2018/2019.Dengan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas VII-1. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi dan koneksi matematika dengan berbentuk uraian yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi terhadap peserta didik, guru, dan proses pembelajaran. Setelah dilakukan perlakuan, diperoleh nilai rata-rata post-test terhadap kemampuan komunikasi 73,43 dengan standar deviasi 10,03 dan nilai rata-rata post-test terhadap kemampuan koneksi 70,52 dengan standar deviasi 9,43. Hasil uji prasyarat data post-test menyatakan sampel terdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji t (α=5%). Dari hasil uji t disimpulkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Osbornterhadap kemampuan koneksi dan pemecahan masalah siswa pada materi perbandingan kelas VII SMP Negeri 2 Bangun Purba. Besar pengaruh model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan koneksi matematika adalah 76% dan kemampuan pemecahan masalah siswa adalah 76%. Selama pembelajaran di kelas, dilakukan observasi kemampuan guru mengajar diperoleh nilai akhir dengan kategori penilaian baik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3466
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback