Pengaruh Metode Guide Note Taking dan Metode Demonstrasi terhadap Pemahaman Konsep Pada Pokok Bahasan Lingkaran Di Kelas VII SMP HKBP belawan T.A 2016/2017
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh “Metode Guide Note Taking dan Metode Demonstrasi terhadap Pemahaman Konsep ”.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP HKBP Belawan , sedangkan yang menjadi sampel adalah kelas VII-1 dengan jumlah 28 siswa. Untuk memperoleh data Pemahaman Konsep , peneliti menggunakan observasi dan tes. Sebelum tes tersebut disebarkan terlebih dahulu diuji cobakan ke kelas VII-3. Kemudian dihitung normalitas kedua instrumen penelitian sebelum data diolah, dan setelah dilakukan perhitungan ternyata kedua data yang digunakan berdistribusi normal.
Model regresi yang didapat adalah Y ̂=-18,38 + 1,055X. Sedangkan untuk ketelitian analisis, peneliti melakukan uji linearitas regresi untuk persamaan regresi tersebut dengan menggunakan daftar analisa varians melalui uji F, dan ternyata regresi Pemahaman Konsep atas Guide Note Taking dan Demonstrasi adalah linear. Selanjutnya untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode Guide Note Taking dan Metode Demonstrasi terhadap kemampuan Pemahaman Konsep digunakan uji hipotesis dan diperoleh F_(Hitung )>F_Tabel atau 213,15 > 4,22. maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan diantara kedua variabel. Taraf pengaruhnya dinyatakan dengan koefisien korelasi r = 0,997.Besar kontribusinya ditentukan dengan koefisien determinasi yakni 87,95%. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara metode Guide Note Taking dan Metode Demonstrasi terhadap Pemahaman Konsep , sehingga diharapkan metode Guide Note Taking dan Metode Demonstrasi dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan pemahaman konsep.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]