• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Metode Guide Note Taking dan Metode Demonstrasi terhadap Pemahaman Konsep Pada Pokok Bahasan Lingkaran Di Kelas VII SMP HKBP belawan T.A 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    Rumondang Septiani.pdf (471.1Kb)
    Date
    2016-08-22
    Author
    Siagian, Rumondang Septiani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh “Metode Guide Note Taking dan Metode Demonstrasi terhadap Pemahaman Konsep ”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP HKBP Belawan , sedangkan yang menjadi sampel adalah kelas VII-1 dengan jumlah 28 siswa. Untuk memperoleh data Pemahaman Konsep , peneliti menggunakan observasi dan tes. Sebelum tes tersebut disebarkan terlebih dahulu diuji cobakan ke kelas VII-3. Kemudian dihitung normalitas kedua instrumen penelitian sebelum data diolah, dan setelah dilakukan perhitungan ternyata kedua data yang digunakan berdistribusi normal. Model regresi yang didapat adalah Y ̂=-18,38 + 1,055X. Sedangkan untuk ketelitian analisis, peneliti melakukan uji linearitas regresi untuk persamaan regresi tersebut dengan menggunakan daftar analisa varians melalui uji F, dan ternyata regresi Pemahaman Konsep atas Guide Note Taking dan Demonstrasi adalah linear. Selanjutnya untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode Guide Note Taking dan Metode Demonstrasi terhadap kemampuan Pemahaman Konsep digunakan uji hipotesis dan diperoleh F_(Hitung )>F_Tabel atau 213,15 > 4,22. maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan diantara kedua variabel. Taraf pengaruhnya dinyatakan dengan koefisien korelasi r = 0,997.Besar kontribusinya ditentukan dengan koefisien determinasi yakni 87,95%. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara metode Guide Note Taking dan Metode Demonstrasi terhadap Pemahaman Konsep , sehingga diharapkan metode Guide Note Taking dan Metode Demonstrasi dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan pemahaman konsep.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/343
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback