Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Matematika Peserta Didik pada Materi Persamaan Lingkaran Kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal T.P 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap kemampuan komunikasi dan koneksi matematika peserta didik pada materi persamaan lingkaran kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal T.P 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal T.P 2018/2019. Dengan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas XI MIA-2. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi dan koneksi matematika dengan berbentuk uraian yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi terhadap peserta didik, guru, dan proses pembelajaran.
Setelah dilakukan perlakuan, diperoleh nilai rata-rata post-test terhadap kemampuan komunikasi 80,10 dengan standar deviasi 7,06 dan nilai rata-rata post-test terhadap kemampuan koneksi 76,88 dengan standar deviasi 6,93. Hasil uji prasyarat data post-test menyatakan sampel terdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji t (α=5%). Dari hasil uji t disimpulkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap kemampuan komunikasi dan koneksi matematika peserta didik pada materi persamaan lingkaran kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal. Besar pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap kemampuan komunikasi matematika adalah 77% dan kemampuan koneksi matematika adalah 78%. Selama pembelajaran di kelas, dilakukan observasi kemampuan guru mengajar diperoleh nilai akhir dengan kategori penilaian baik.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]