Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII di SMP Swasta Imelda Medan T.P. 2018/2019
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP. Dengan teknik simple random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen VIII-A. Instrumen yang digunakan adalah post-test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi aktivitas peserta didik.
Berdasarkan uji keberartian regresi diperoleh Fhitung ≥ Ftabel atau 75,302 ≥ 4,17 maka, H0 ditolak dan Ha diterima sehingga ada keberartian yang berarti antara penggunaan model Pembelajaran Inkuiri Berbantu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik.
. Sedangkan dari uji analisis regresi diperoleh persamaan regresi Y ̂ = 21,144 + 0,785X dan uji keberartian koefisien korelasi pemahaman konsep diperoleh t_hitung= 8,666 dan 〖 t〗_tabel= 2,04. Karena dilihat dari thitung ≥ ttabel maka pengujian hipotesis tolak H0 dan Ha diterima, maka ada hubungan yang kuat dan berarti antara model Pembelajaran Inkuiri Berbantu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Hasil perhitungan koefisien korelasi didapat r = 0,845 artinya ada hubungan yang sangat kuat/tinggi antara Pembelajaran Inkuiri Berbantu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik.. Kemudian koefisien determinasi r^(2 )= 0,715 atau 71,5% yang artinya kemampuan pemahaman konsep matematika dipengaruhi oleh indikator model pembelajaran Inkuiri berbantu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebesar 71,5% adapun yang lainnya dipengaruhi faktor lain sebesar 28,5%
Collections
- Pendidikan Matematika [662]