• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII di SMP Swasta Imelda Medan T.P. 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Yunita Rodearni.pdf (424.7Kb)
    Date
    2019-09-17
    Author
    Rodearni, Yunita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP. Dengan teknik simple random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen VIII-A. Instrumen yang digunakan adalah post-test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi aktivitas peserta didik. Berdasarkan uji keberartian regresi diperoleh Fhitung ≥ Ftabel atau 75,302 ≥ 4,17 maka, H0 ditolak dan Ha diterima sehingga ada keberartian yang berarti antara penggunaan model Pembelajaran Inkuiri Berbantu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. . Sedangkan dari uji analisis regresi diperoleh persamaan regresi Y ̂ = 21,144 + 0,785X dan uji keberartian koefisien korelasi pemahaman konsep diperoleh t_hitung= 8,666 dan 〖 t〗_tabel= 2,04. Karena dilihat dari thitung ≥ ttabel maka pengujian hipotesis tolak H0 dan Ha diterima, maka ada hubungan yang kuat dan berarti antara model Pembelajaran Inkuiri Berbantu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Hasil perhitungan koefisien korelasi didapat r = 0,845 artinya ada hubungan yang sangat kuat/tinggi antara Pembelajaran Inkuiri Berbantu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik.. Kemudian koefisien determinasi r^(2 )= 0,715 atau 71,5% yang artinya kemampuan pemahaman konsep matematika dipengaruhi oleh indikator model pembelajaran Inkuiri berbantu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebesar 71,5% adapun yang lainnya dipengaruhi faktor lain sebesar 28,5%
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3298
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback