Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantu Software Matematika terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Matematis Peserta Didik di Kelas XI SMA N 1 Sipahutar T.P. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran problem solving berbantu software matematika terhadap minat belajar dan pemahaman matematis peserta didik di kelas XI SMA N 1 Sipahutar T.P 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 1
Sipahutar yang terdiri dari lima kelas dan yang menjadi sampel penelitian ini diambil secara Purposive sampling yaitu kelas XI IPA3 berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian pada minat belajar menunjukan bahwa persamaan regresinya memiliki hubungan berarti dan memiliki koefisien korelasi (r) sebesar 0,723 dan koefisien determinasi (r2) = 0,5229 atau 52,29%, dapat disimpulkan ada pengaruh model
pembelajaran problem solving berbantu software matematika terhadap minat
Dan hasil penelitian pada pemahaman matematis menunjukkan bahwa persamaan
regresinya memiliki hubungan berarti dan memiliki koefisien korelasi (r) sebesar
0,738 dan koefisien determinasi (r2) = 0,5453 atau 54,53%, dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran problem solving berbantu software matematika terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik sebesar 54,53%
pembelajaran problem solving berbantu software matematika ini dapat digunakan
sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman matematis peserta didik.
Collections
- Pendidikan Matematika [674]