Show simple item record

dc.contributor.authorSianturi, Vany Valentina
dc.date.accessioned2019-11-11T04:57:44Z
dc.date.available2019-11-11T04:57:44Z
dc.date.issued2019-09-15
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2982
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di Kelas VII SMP Negeri 2 Simpang Empat T.P. 2019/2020. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitiannya adalah Quasi Experiment. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Simpang Empat. Dengan menggunakan teknik Purposive Sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VII-3) dan sebagai kelas kontrol (VII-4). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Maka berdasarkan hasil hitung rata-rata posttest kemampuan pemahaman konsep kelas eksperimen maka diperoleh μ_1=79,20 dikatakan ada pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep di Kelas VII SMP Negeri 2 Simpang Empat T.P. 2019/2020. Dengan melihat nilai t_hitung pada kelas eksperimen sebesar 4,02 dan jika dibandingan dengan nilai t_tabel sebesar 1,68 maka t_hitung>t_tabel atau 4,02>1,68, maka dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di Kelas VII SMP Negeri 2 Simpang Empat T.P. 2019/2020. Dengan memperhatikan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap kemampuan pemahaman konsep, dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 79,20 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 76,40. Maka rata-rata posttest kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran guided discovery learning lebih besar dari pada rata-rata posttest kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional atau 79,20>76,40, dapat disimpulkan model pembelajaran guided discovery learning memberikan hasil lebih tinggi dari pada model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep di Kelas VII SMP Negeri 2 Simpang Empat T.P. 2019/2020.en_US
dc.subjectGuided Discovery Learning,en_US
dc.subjectOperasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat,en_US
dc.subjectKemampuan Pemahaman Konsep Matematis.en_US
dc.titlePengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di Kelas VII SMP Negeri 2 Simpang Empat T.P. 2019/2020en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record