• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di Kelas VII SMP Negeri 2 Simpang Empat T.P. 2019/2020

    Thumbnail
    View/Open
    Vany Valentina Sianturi.pdf (324.9Kb)
    Date
    2019-09-15
    Author
    Sianturi, Vany Valentina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di Kelas VII SMP Negeri 2 Simpang Empat T.P. 2019/2020. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitiannya adalah Quasi Experiment. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Simpang Empat. Dengan menggunakan teknik Purposive Sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VII-3) dan sebagai kelas kontrol (VII-4). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Maka berdasarkan hasil hitung rata-rata posttest kemampuan pemahaman konsep kelas eksperimen maka diperoleh μ_1=79,20 dikatakan ada pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep di Kelas VII SMP Negeri 2 Simpang Empat T.P. 2019/2020. Dengan melihat nilai t_hitung pada kelas eksperimen sebesar 4,02 dan jika dibandingan dengan nilai t_tabel sebesar 1,68 maka t_hitung>t_tabel atau 4,02>1,68, maka dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di Kelas VII SMP Negeri 2 Simpang Empat T.P. 2019/2020. Dengan memperhatikan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap kemampuan pemahaman konsep, dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 79,20 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 76,40. Maka rata-rata posttest kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran guided discovery learning lebih besar dari pada rata-rata posttest kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional atau 79,20>76,40, dapat disimpulkan model pembelajaran guided discovery learning memberikan hasil lebih tinggi dari pada model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep di Kelas VII SMP Negeri 2 Simpang Empat T.P. 2019/2020.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2982
    Collections
    • Pendidikan Matematika [553]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback