Perbandingan Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Sistempersamaan Linier Tiga Variabel Kelas X SMA N 1 RAYA KAHEAN T.A 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui adanya Perbandingan Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Kelas X SMA N 1 Raya Kahean T.A 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Raya Kahean T.A 2019/2020. Dengan teknik Claster Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen I (X MIA-1) dan kelas eksperimen II (X MIA-2). Instrumen yang digunakan adalah Pre-test dan Post-test dengan bentuk uraian yang telah dilakukan uji validasi instrumennya.
Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata pots-tes kelas eksperimen I 86,97 dengan standar deviasi 11,16 dan nilai rata-rata post-tes kelas eksperimen II 82,77 dengan standar deviasi 12,86. Hasil uji prasyarat data postes menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji t satu pihak (∝ = 0,05). Dari hasil uji t satu pihak disimpulkan ada perbandinganyang signifikan antara strategi pembelajaran berbasis proyek dengan strategi pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]