Pengaruh Pemberian Bahan Ajar berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear di Kelas X SMA Negeri 1 Pematangsiantar Perumnas Batu 6 T.P. 2019/2020
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif peserta didik pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier di Kelas X SMA Negeri 1 Pematangsiantar Perumnas Batu 6 T.P 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi exsperiment dengan populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas X. Sampel dalam penelitian terdiri dari 1 kelas (n = 30). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Cluster Random Sampling. Perhitungan analisa data menggunakan persamaan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model kooperatif tipe CTL lebih baik diterapkan terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik daripada berpikir kritis peserta didik pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear di Kelas X SMA Negeri 1 Pematangsiantar Perumnas Batu 6 T.P 2019/2020.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]