Show simple item record

dc.contributor.authorLimbong, Ronida Welmi Margaret
dc.date.accessioned2019-11-06T04:47:41Z
dc.date.available2019-11-06T04:47:41Z
dc.date.issued2019-09-16
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2923
dc.description.abstractHasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari observasi mengenai Pendekatan Problem Centered Learning Berbantuan Alat Peraga sebesar 76,76 artinya pelaksanaan pembelajaran Pendekatan Problem Centered Learning berbantuan alat peraga terbilang kategori baik.Sedangkan nilai rata-rata untuk posttes mengenai kemampuan komunikasi matematika adalah 63,90 dan kemampuan berpikir kreatif matematika adalah 60,4 artinya bahwa peserta didik memiliki kemampuan sedang. Persamaan regresi dari hasil penelitian ini adalah Y ̂_1=-17,574+1,0614X dan Y ̂_2=30,9777+0,3832X, pada persamaan regresi b1 = 1,0614 dan b2 = 0,3832 bertanda positif , yang artinya bahwa hasil kemampuan komunikasi matematika peserta didik akan bertambah sebesar 1,0614 dan kemampuan berpikir kreatif matematika peserta didik akan bertambah sebesar 0,3832. Jika Pendekatan Problem Centered Learning berbantuan alat peraga meningkat satu satuan. Hasil uji kelinieran regresi diperoleh untuk kemampuan komunikasi F_hitung<F_tabel atau 0,43<2,41 dan untuk kemampuan berpikir kreatif Fhitung < Ftabel 0,644<2,41 maka dapat disimpulkan bahawa ada hubungan yang linier antara Pendekatan Problem Centered Learning berbantuan alat peraga dengan kemampuan komunikasi dan kemampuanberpikir kreatif matematika. Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi untuk kemampuan komunikasi diperoleh r_xy=0,745 dan kemampuan berpikir kreatif diperoleh rxy = 0,262 hasil tersebut menunjukkan adanya hubungan antara Pendekatan Problem Centered Learning berbantuan alat peraga terhadap kemampuan komunikasi dan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Dan koefisien determinasi kemampuan komunikasi adalah r^2=0,5544atau 55,44% dan kemampuan berpikir kreatif r^2=0,6876 atau 68,76% hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi dan kemampuan berpikir kreatif matematika dipengaruhi Pendekatan Problem Centered Learning berbantuan alat peraga sebesar 55,44% dan 68,76% selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga Pendekatan Problem Centered Learning Berbantuan Alat Peraga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan berpikir kreatif.en_US
dc.subjectProblem Centered Learning,en_US
dc.subjectAlat Peraga,en_US
dc.subjectKomunikasi,en_US
dc.subjectBerpikir Kreatif.en_US
dc.titlePengaruh Pendekatan Problem Centered Learning Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika pada Materi Segitiga di Kelas VII SMP SWASTA HKBP BELAWAN T.P. 2018/2019en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record