• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pendekatan Problem Centered Learning Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika pada Materi Segitiga di Kelas VII SMP SWASTA HKBP BELAWAN T.P. 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Ronida Welmi Margaret Limbong.pdf (337.5Kb)
    Date
    2019-09-16
    Author
    Limbong, Ronida Welmi Margaret
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari observasi mengenai Pendekatan Problem Centered Learning Berbantuan Alat Peraga sebesar 76,76 artinya pelaksanaan pembelajaran Pendekatan Problem Centered Learning berbantuan alat peraga terbilang kategori baik.Sedangkan nilai rata-rata untuk posttes mengenai kemampuan komunikasi matematika adalah 63,90 dan kemampuan berpikir kreatif matematika adalah 60,4 artinya bahwa peserta didik memiliki kemampuan sedang. Persamaan regresi dari hasil penelitian ini adalah Y ̂_1=-17,574+1,0614X dan Y ̂_2=30,9777+0,3832X, pada persamaan regresi b1 = 1,0614 dan b2 = 0,3832 bertanda positif , yang artinya bahwa hasil kemampuan komunikasi matematika peserta didik akan bertambah sebesar 1,0614 dan kemampuan berpikir kreatif matematika peserta didik akan bertambah sebesar 0,3832. Jika Pendekatan Problem Centered Learning berbantuan alat peraga meningkat satu satuan. Hasil uji kelinieran regresi diperoleh untuk kemampuan komunikasi F_hitung<F_tabel atau 0,43<2,41 dan untuk kemampuan berpikir kreatif Fhitung < Ftabel 0,644<2,41 maka dapat disimpulkan bahawa ada hubungan yang linier antara Pendekatan Problem Centered Learning berbantuan alat peraga dengan kemampuan komunikasi dan kemampuanberpikir kreatif matematika. Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi untuk kemampuan komunikasi diperoleh r_xy=0,745 dan kemampuan berpikir kreatif diperoleh rxy = 0,262 hasil tersebut menunjukkan adanya hubungan antara Pendekatan Problem Centered Learning berbantuan alat peraga terhadap kemampuan komunikasi dan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Dan koefisien determinasi kemampuan komunikasi adalah r^2=0,5544atau 55,44% dan kemampuan berpikir kreatif r^2=0,6876 atau 68,76% hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi dan kemampuan berpikir kreatif matematika dipengaruhi Pendekatan Problem Centered Learning berbantuan alat peraga sebesar 55,44% dan 68,76% selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga Pendekatan Problem Centered Learning Berbantuan Alat Peraga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan berpikir kreatif.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2923
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback