“Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Pada Materi sistem Persamaan Linier Dua Variabel di Kelas VIII SMP Negeri 13 Medan T.P 2019/2020”.
Abstract
Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan,
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Medan T.P. 2019/2020
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu), dengan populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII-5 SMP Negeri 13 Medan T.P. 2019/2020. Dengan teknik cluster random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-5). Instrumen yang digunakan adalah post test dari hasil belajar dan lembar observasi terhadap guru dan siswa.
Berdasarkan nilai kemampuan penalaran peserta didik diperoleh persamaan regresi Y ̂=19,929 + 0,724 X , artinya setiap kenaikan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran Problem Based Learning sebesar 1 satuan akan meningkat penalaran peserta didik sebesar 0,634 satuan. Hasil perhitungan korelasi dengan menggunakan rumus product moment diperoleh koefisien korelasi untuk kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik sebesar 0,634 yang artinya model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik memiliki hubungan kuat/tinggi... Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Problem Based Learning dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik.
Collections
- Pendidikan Matematika [625]