• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Pada Materi sistem Persamaan Linier Dua Variabel di Kelas VIII SMP Negeri 13 Medan T.P 2019/2020”.

    Thumbnail
    View/Open
    Anggiat M. Hutagaol.pdf (261.0Kb)
    Date
    2019-09-10
    Author
    Hutagaol, Anggiat M.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Medan T.P. 2019/2020 Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu), dengan populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII-5 SMP Negeri 13 Medan T.P. 2019/2020. Dengan teknik cluster random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-5). Instrumen yang digunakan adalah post test dari hasil belajar dan lembar observasi terhadap guru dan siswa. Berdasarkan nilai kemampuan penalaran peserta didik diperoleh persamaan regresi Y ̂=19,929 + 0,724 X , artinya setiap kenaikan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran Problem Based Learning sebesar 1 satuan akan meningkat penalaran peserta didik sebesar 0,634 satuan. Hasil perhitungan korelasi dengan menggunakan rumus product moment diperoleh koefisien korelasi untuk kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik sebesar 0,634 yang artinya model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik memiliki hubungan kuat/tinggi... Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Problem Based Learning dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2921
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback