Show simple item record

dc.contributor.authorSihombing, Febrina
dc.date.accessioned2019-09-23T06:37:26Z
dc.date.available2019-09-23T06:37:26Z
dc.date.issued2019-08-28
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2746
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw (2) Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (3) Perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik antara yang menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw dengan yang menggunakan model kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan penelitian quasi eksperimen. Teknik analisis dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI IPA-3 (kelas eksperimen I) sebanyak 36 peserta didik dan kelas XI IPA-4 (kelas eksperimen II) sebanyak 36 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Pada hasil temuan penelitian, peneliti memperoleh untuk uji normalitas data pre-test dan post test pada kelas eksperimen I berdistribusi normal. Pada kelas eksperimen II data pre-test dan post test juga berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas pada eksperimen I dan II data pre-test dan post test juga berdistribusi homogen. Sedangkan uji t diperoleh H_a diterima dan H_0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik antara yang menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dengan yang menggunakan model kooperatif tipe STAD. Berdasarkan nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen Jigsaw yaitu 63,92 dan nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen STAD yaitu 71,31. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD lebih baik daripada model kooperatif tipe Jigsaw.en_US
dc.subjectpemahaman konsep matematis pesertaen_US
dc.subjectmodel pembelajaran kooperatif tipe STADen_US
dc.subjectmodel pembelajaran kooperatif tipe Jigsawen_US
dc.titlePERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN YANG MENGGUNAKAN TIPE STAD PADA MATERI TURUNAN DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SIBOLGA TP 2018/2019en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record