• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN YANG MENGGUNAKAN TIPE STAD PADA MATERI TURUNAN DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SIBOLGA TP 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Febrina Sihombing.pdf (334.2Kb)
    Date
    2019-08-28
    Author
    Sihombing, Febrina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw (2) Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (3) Perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik antara yang menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw dengan yang menggunakan model kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan penelitian quasi eksperimen. Teknik analisis dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI IPA-3 (kelas eksperimen I) sebanyak 36 peserta didik dan kelas XI IPA-4 (kelas eksperimen II) sebanyak 36 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Pada hasil temuan penelitian, peneliti memperoleh untuk uji normalitas data pre-test dan post test pada kelas eksperimen I berdistribusi normal. Pada kelas eksperimen II data pre-test dan post test juga berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas pada eksperimen I dan II data pre-test dan post test juga berdistribusi homogen. Sedangkan uji t diperoleh H_a diterima dan H_0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik antara yang menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dengan yang menggunakan model kooperatif tipe STAD. Berdasarkan nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen Jigsaw yaitu 63,92 dan nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen STAD yaitu 71,31. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD lebih baik daripada model kooperatif tipe Jigsaw.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2746
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback