Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantu Peta Konsep dan Alat Peraga terhadap Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematika Peserta Didik pada Materi Kubus dan Balok kelas VIII SMP Swasta Imelda Medan T.P. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantu Peta Konsep Dan Alat Peraga efektif Terhadap Kemampuan Koneksi Dan Komunikasi Matematika Peserta Didik Pada Materi Kubus dan Balok kelas VIII SMP Swasta Imelda Medan T.P. 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Imelda Medan T.P 2018/2019. Dengan teknik simple random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-B). Instrumen yang digunakan adalah post-test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi keterampilan proses peserta didik.
Hasil kemampuan koneksi matematika peserta didik dengan model pembelajaran Kooperatif tipe TGT berbantu peta konsep dan alat peraga diperoleh bahwa kedua variabel mempunyai hubungan yang linear positif dengan persamaan regresi Y ̂=20,684+0,762 X. Pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe TGT berbantu peta konsep dan alat peraga terhadap kemampuan koneksi matematika peserta didik sebesar 40,73%. Hasil kemampuan komunikasi matematika peserta didik dengan model pembelajaran Kooperatif tipe TGT berbantu peta konsep dan alat peraga diperoleh bahwa kedua variabel mempunyai hubungan yang linear positif dengan persamaan regresi Y ̂=14,73+0,824 X. Pengaruh model pembelajara Kooperatif tipe TGT berbantu peta konsep dan alat peraga terhadap kemampuan komunikasi peserta didik sebesar 52,13%.
Dengan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe TGT berbantu peta konsep dan alat peraga terhadap kemampuan koneksi dan komunikasi matematika peserta didik Kelas VIII SMP Swasta Imelda Medan, sehingga model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantu peta konsep dan alat peraga efektif terhadap kemampuan koneksi dan komunikasi matematika peserta didik. Jadi model pembelajaran Kooperatif tipe TGT berbantu peta konsep dan alat peraga diharapkan dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu alternatif untuk mengembangkan kemampuan koneksi dan komunikasi matematika peserta didik.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]