• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantu Peta Konsep dan Alat Peraga terhadap Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematika Peserta Didik pada Materi Kubus dan Balok kelas VIII SMP Swasta Imelda Medan T.P. 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Cristin L. Simanullang.pdf (190.5Kb)
    Date
    2019-08-20
    Author
    Simanullang, Cristin L.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantu Peta Konsep Dan Alat Peraga efektif Terhadap Kemampuan Koneksi Dan Komunikasi Matematika Peserta Didik Pada Materi Kubus dan Balok kelas VIII SMP Swasta Imelda Medan T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Imelda Medan T.P 2018/2019. Dengan teknik simple random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-B). Instrumen yang digunakan adalah post-test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi keterampilan proses peserta didik. Hasil kemampuan koneksi matematika peserta didik dengan model pembelajaran Kooperatif tipe TGT berbantu peta konsep dan alat peraga diperoleh bahwa kedua variabel mempunyai hubungan yang linear positif dengan persamaan regresi Y ̂=20,684+0,762 X. Pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe TGT berbantu peta konsep dan alat peraga terhadap kemampuan koneksi matematika peserta didik sebesar 40,73%. Hasil kemampuan komunikasi matematika peserta didik dengan model pembelajaran Kooperatif tipe TGT berbantu peta konsep dan alat peraga diperoleh bahwa kedua variabel mempunyai hubungan yang linear positif dengan persamaan regresi Y ̂=14,73+0,824 X. Pengaruh model pembelajara Kooperatif tipe TGT berbantu peta konsep dan alat peraga terhadap kemampuan komunikasi peserta didik sebesar 52,13%. Dengan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe TGT berbantu peta konsep dan alat peraga terhadap kemampuan koneksi dan komunikasi matematika peserta didik Kelas VIII SMP Swasta Imelda Medan, sehingga model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantu peta konsep dan alat peraga efektif terhadap kemampuan koneksi dan komunikasi matematika peserta didik. Jadi model pembelajaran Kooperatif tipe TGT berbantu peta konsep dan alat peraga diharapkan dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu alternatif untuk mengembangkan kemampuan koneksi dan komunikasi matematika peserta didik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2742
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback