Show simple item record

dc.contributor.authorSitorus, Maria Shentia
dc.date.accessioned2019-09-23T05:51:20Z
dc.date.available2019-09-23T05:51:20Z
dc.date.issued2019-08-12
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2741
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep berbantu media peta konsep terhadap kemampuan pemahaman matematis dan komunikasi matematika peserta didik pada materi Perbandingan di Kelas VII SMP Negeri 1 Balige. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Balige yang terdiri 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-B yang dipilih secara Cluster Random Sampling yang terdiri dari 33 orang peserta didik. Hasil penelitian yang diperoleh persamaan regresi dari hasil penelitian pada kemampuan pemahaman matematis ini adalah Y ̂= 159116,760+0,74X. Hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh r = 0,737 berarti terdapat hubungan yang kuat antara model pembelajaran pencapaian konsep berbantu media peta konsep terhadap kemampuan pemahaman matematis. Dan untuk koefisien determinasinya diperoleh r^2=0,5383 atau 53,83% ini berarti ada pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep berbantu media peta konsep terhadap kemampuan pemahaman matematis sebesar 53,83% selebihnya dipengaruhi oleh pengaruh lain. Persamaan regresi pada kemampuan komunikasi matematika ini adalah Y ̂= 153338,538+0,20 X. Hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh r = 0,979 berarti terdapat hubungan yang kuat antara model pembelajaran pencapaian konsep berbantu media peta konsep terhadap kemampuan komunikasi matematika. Dan untuk koefisien determinasinya diperoleh r^2=0,1839 atau 18,39% ini berarti ada pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep berbantu media peta konsep komunikasi matematika peserta didik sebesar 18,39% selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga ada pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep berbantu media peta konsep, sehingga model ini dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan komunikasi matematika peserta didik.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Pencapaian Konsep Berbantu Media Peta Konsepen_US
dc.subjectTerhadap Kemampuan Pemahaman Matematis danen_US
dc.subjectKomunikasi Matematikaen_US
dc.subjectMateri Perbandinganen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Berbantu Media Peta Konsep Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Komunikasi Matematika Peserta Didik pada Materi Perbandingan di Kelas VII SMP Negeri 1 Balige Tahun Pelajaran 2018/2019en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record