• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Berbantu Media Peta Konsep Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Komunikasi Matematika Peserta Didik pada Materi Perbandingan di Kelas VII SMP Negeri 1 Balige Tahun Pelajaran 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Maria Shentia Sitorus.pdf (387.0Kb)
    Date
    2019-08-12
    Author
    Sitorus, Maria Shentia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep berbantu media peta konsep terhadap kemampuan pemahaman matematis dan komunikasi matematika peserta didik pada materi Perbandingan di Kelas VII SMP Negeri 1 Balige. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Balige yang terdiri 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-B yang dipilih secara Cluster Random Sampling yang terdiri dari 33 orang peserta didik. Hasil penelitian yang diperoleh persamaan regresi dari hasil penelitian pada kemampuan pemahaman matematis ini adalah Y ̂= 159116,760+0,74X. Hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh r = 0,737 berarti terdapat hubungan yang kuat antara model pembelajaran pencapaian konsep berbantu media peta konsep terhadap kemampuan pemahaman matematis. Dan untuk koefisien determinasinya diperoleh r^2=0,5383 atau 53,83% ini berarti ada pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep berbantu media peta konsep terhadap kemampuan pemahaman matematis sebesar 53,83% selebihnya dipengaruhi oleh pengaruh lain. Persamaan regresi pada kemampuan komunikasi matematika ini adalah Y ̂= 153338,538+0,20 X. Hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh r = 0,979 berarti terdapat hubungan yang kuat antara model pembelajaran pencapaian konsep berbantu media peta konsep terhadap kemampuan komunikasi matematika. Dan untuk koefisien determinasinya diperoleh r^2=0,1839 atau 18,39% ini berarti ada pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep berbantu media peta konsep komunikasi matematika peserta didik sebesar 18,39% selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga ada pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep berbantu media peta konsep, sehingga model ini dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan komunikasi matematika peserta didik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2741
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback