Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Penguatan Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Pada Materi Statistika Kelas VIII SMP Yayasan Perguruan Kristen Hosana Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Penguatan terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Pada Materi Statistika Kelas VIII SMP Yayasan Perguruan Kristen Hosana Medan.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian seluruh peserta didik kelas VIII yang berjumlah 3 kelas di SMP Swasta Hosana Medan Jalan Metal, Tanjung Mulia Medan. Pengambilan sampel dari penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sehingga di dapat sampelnya adalah kelas VIII-B dan VIII-C.
Dengan menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis, diperoleh data untuk kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas eksperimen dengan thitung =22,1604. Data untuk kemampuan pemahaman pemecahan masalah matematis peserta didik kelas eksperimen diperoleh thitung =30,2080. Data untuk kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas kontrol diperoleh thitung =15,8318. Data untuk kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas kontrol diperoleh thitung =19,6360. jika dibandingkan dengan harga ttabel untuk n = 24 dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh ttabel =1,678ternyata thitung>ttabel,. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Penguatan terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Pada Materi Statistika Kelas VIII SMP Yayasan Perguruan Kristen Hosana Medan.
Collections
- Pendidikan Matematika [625]