Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) denganAlur Gestalt terhadap KemampuanPemahamanKonsepdanBerpikirKreatifMatematikaSiswaPadaPokokBahasanKubus Kelas VIII Negeri 1 Sipahutar T.A 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) denganAlur Gestalt terhadap KemampuanPemahamanKonsep Dan BerpikirKreatifMatematikaSiswaPadaPokokBahasanKubusKelas VIII Negeri 1 SipahutarT.A 2016/2017. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa SMP Negeri1Sipahutar T.A. 2016/2017 yang terdiriatas 7 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-1 yang dipilihsecaraSimple Random Sampling yang terdiridari 30 orang siswa.
Hasil kemampuan pemahamankonsep matematika siswa dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan alur Gestalt diperoleh bahwa kedua variabel mempunyai hubungan yang linier positif dengan persamaan regresi Y ̂_1 = 15,57 + 0,63X. Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)dengan alur Gestalt terhadap pemahamankonsep matematika siswa sebesar 71% dan sisanya 29% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil kemampuan berpikirkreatif matematika siswa dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan alur Gestalt diperoleh bahwa kedua variabel mempunyai hubungan yang linier positif dengan persamaan regresi Y ̂_2 = 8,99 + 0,87X. Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan alur Gestalt terhadap kemampuan berpikirkreatifmatematika siswa sebesar 94% dan sisanya 6% dipengaruhi oleh faktor lain.
Sedangkanuntukujikeberartiankoefisienkorelasikemampuanpemahamankonsep -2,05<5,54 <2,05 dankemampuanberpikirkreatif -2,05<21,11<2,05 artinyaadahubungan yang kuatdanberartiantara model pembelajaranContextual Teaching and Learning(CTL)dengankemampuanberpikirkreatifmatematikasiswa.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]