• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) denganAlur Gestalt terhadap KemampuanPemahamanKonsepdanBerpikirKreatifMatematikaSiswaPadaPokokBahasanKubus Kelas VIII Negeri 1 Sipahutar T.A 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    Ira Asmara Hutapea.pdf (448.3Kb)
    Date
    2017-08-11
    Author
    Hutapea, : Ira Asmara
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) denganAlur Gestalt terhadap KemampuanPemahamanKonsep Dan BerpikirKreatifMatematikaSiswaPadaPokokBahasanKubusKelas VIII Negeri 1 SipahutarT.A 2016/2017. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa SMP Negeri1Sipahutar T.A. 2016/2017 yang terdiriatas 7 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-1 yang dipilihsecaraSimple Random Sampling yang terdiridari 30 orang siswa. Hasil kemampuan pemahamankonsep matematika siswa dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan alur Gestalt diperoleh bahwa kedua variabel mempunyai hubungan yang linier positif dengan persamaan regresi Y ̂_1 = 15,57 + 0,63X. Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)dengan alur Gestalt terhadap pemahamankonsep matematika siswa sebesar 71% dan sisanya 29% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil kemampuan berpikirkreatif matematika siswa dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan alur Gestalt diperoleh bahwa kedua variabel mempunyai hubungan yang linier positif dengan persamaan regresi Y ̂_2 = 8,99 + 0,87X. Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan alur Gestalt terhadap kemampuan berpikirkreatifmatematika siswa sebesar 94% dan sisanya 6% dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkanuntukujikeberartiankoefisienkorelasikemampuanpemahamankonsep -2,05<5,54 <2,05 dankemampuanberpikirkreatif -2,05<21,11<2,05 artinyaadahubungan yang kuatdanberartiantara model pembelajaranContextual Teaching and Learning(CTL)dengankemampuanberpikirkreatifmatematikasiswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/265
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback