Efektivitas Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) Berbantuan LKS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Swasta Parulian 1 Medan.
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berbantuan LKS terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Swasta Parulian 1 Medan. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk (pemecahan masalah) yaitu:( Y) ̂=43,36+0,51 X, sedangkan untuk (komunikasi matematika) persamaan regresinya::( Y) ̂=45,31+0,47X. Pada persamaan regresi kedua kemampuan tersebut diperoleh nilai b bertanda positif, artinya bahwa ketiga variabel mempunyai hubungan linier yang positif. Dari uji keberartian regresi (pemecahan masalah) diperoleh 14,056 > 4.20 dan untuk (komunikasi matematika) diperoleh 16,735 > 4,20 Ho ditolak dan Ha diterima sehingga variabel X mempunyai pengaruh yang berarti terhadap Y1 dan Y2 atau ada pengaruh antara model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berbantuan LKS terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematika siswa,. Hasil perhitungan koefisien korelasi pada pemecahan masalah r = 0,577 dan komunikasi matematika siswa r = 0,614 berarti hubungan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berbantuan LKS terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematika siswa adalah sedang/cukup. Dari uji keberartian koefisien korelasi (pemecahan masalah) diperoleh thitung = 3,735 dan (komunkasi matematika) thitung = 4,116 dan ttabel= 2,05. Karena dilihat dari kedua kemampuan thitung > ttabel maka pengujian hipotesis tolak HO dan Ha di terima, maka ada hubungan yang berarti antara model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berbantuan LKS terhadap kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika siswa. Koefisien determinasi pada hubungan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berbantuan LKS (X) terhadap kemampuan pemecahan masalah (Y1) diperoleh r2 = 33,42% dan koefisien determinasi pada hubungan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berbantuan LKS (X) terhadap komunikasi matematika siswa (Y2) diperoleh r2 = 37,41% dari hasil di atas dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berbantuan LKS terhadap kemampuan pemecahan masalah dan ada pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berbantuan LKS terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]