• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) Berbantuan LKS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Swasta Parulian 1 Medan.

    Thumbnail
    View/Open
    Nendi.pdf (981.6Kb)
    Date
    2017-08-01
    Author
    Nendi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berbantuan LKS terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Swasta Parulian 1 Medan. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk (pemecahan masalah) yaitu:( Y) ̂=43,36+0,51 X, sedangkan untuk (komunikasi matematika) persamaan regresinya::( Y) ̂=45,31+0,47X. Pada persamaan regresi kedua kemampuan tersebut diperoleh nilai b bertanda positif, artinya bahwa ketiga variabel mempunyai hubungan linier yang positif. Dari uji keberartian regresi (pemecahan masalah) diperoleh 14,056 > 4.20 dan untuk (komunikasi matematika) diperoleh 16,735 > 4,20 Ho ditolak dan Ha diterima sehingga variabel X mempunyai pengaruh yang berarti terhadap Y1 dan Y2 atau ada pengaruh antara model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berbantuan LKS terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematika siswa,. Hasil perhitungan koefisien korelasi pada pemecahan masalah r = 0,577 dan komunikasi matematika siswa r = 0,614 berarti hubungan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berbantuan LKS terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematika siswa adalah sedang/cukup. Dari uji keberartian koefisien korelasi (pemecahan masalah) diperoleh thitung = 3,735 dan (komunkasi matematika) thitung = 4,116 dan ttabel= 2,05. Karena dilihat dari kedua kemampuan thitung > ttabel maka pengujian hipotesis tolak HO dan Ha di terima, maka ada hubungan yang berarti antara model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berbantuan LKS terhadap kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika siswa. Koefisien determinasi pada hubungan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berbantuan LKS (X) terhadap kemampuan pemecahan masalah (Y1) diperoleh r2 = 33,42% dan koefisien determinasi pada hubungan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berbantuan LKS (X) terhadap komunikasi matematika siswa (Y2) diperoleh r2 = 37,41% dari hasil di atas dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berbantuan LKS terhadap kemampuan pemecahan masalah dan ada pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berbantuan LKS terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/263
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback