Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Bantuan Alat Peraga Kartu Variabel dan Kartu Bilangan Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kreativitas Matematika Siswa Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII SMP Negeri 37 Medan Oleh:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran creative problem solving dengan bantuan alat peraga kartu variabel dan kartu bilangan terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kreativitas matematika siswa Pada materi persamaan linear satu variabel di kelas VII SMP Negeri 37 Medan
Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan instrument berupa tes uraian. Persamaan regresi untuk Y1 diperoleh Y ̂=23,12+0,695X dan persamaan regresi untuk Y2 diperoleh Y ̂=19,45+0,629X disimpulkan memiliki hubungan linear yang positif. Uji kelinieran regresi post test untuk Y1 diperoleh Fhitung < Ftabel atau 1,98 < 2.49 dan untuk Y2 diperoleh Fhitung < Ftabel atau 1,98 < 2.49 maka Ho diterima sehingga terdapat hubungan yang linear. Uji keberartian regresi antara X terhadap Y1 diperoleh Fhitung > Ftabel atau 31,44 > 4,20 dan antara X terhadap Y2 diperoleh Fhitung > Ftabel atau 48,06 > 4,20. Ha diterima sehingga terdapat pengaruh yang berarti. Korelasi Product Moment hubungan X terhadap Y1 diperoleh rhitung = 0,727 dan hubungan X terhadap Y2 diperoleh rhitung = 0,795 artinya memiliki hubungan yang kuat. Koefisien determinasi hubungan X terhadap Y1 diperoleh r2 = 52,89% dan hubungan X terhadap Y2 diperoleh r2 = 63,18%. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving dengan bantuan alat peraga kartu variabel dan kartu bilangan (X) terhadap kemampuan pemahaman konsep (Y1) dan kreativitas matematika siswa (Y2) pada materi persamaan linear satu variabel SMP Negeri 37 Medan, sehingga diharapkan model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan kreativitas matematika siswa.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]