• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Bantuan Alat Peraga Kartu Variabel dan Kartu Bilangan Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kreativitas Matematika Siswa Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII SMP Negeri 37 Medan Oleh:

    Thumbnail
    View/Open
    Aswin Sujono Hutabarat.pdf (400.6Kb)
    Date
    2016-09-11
    Author
    Hutabarat, Aswin Sujono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran creative problem solving dengan bantuan alat peraga kartu variabel dan kartu bilangan terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kreativitas matematika siswa Pada materi persamaan linear satu variabel di kelas VII SMP Negeri 37 Medan Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan instrument berupa tes uraian. Persamaan regresi untuk Y1 diperoleh Y ̂=23,12+0,695X dan persamaan regresi untuk Y2 diperoleh Y ̂=19,45+0,629X disimpulkan memiliki hubungan linear yang positif. Uji kelinieran regresi post test untuk Y1 diperoleh Fhitung < Ftabel atau 1,98 < 2.49 dan untuk Y2 diperoleh Fhitung < Ftabel atau 1,98 < 2.49 maka Ho diterima sehingga terdapat hubungan yang linear. Uji keberartian regresi antara X terhadap Y1 diperoleh Fhitung > Ftabel atau 31,44 > 4,20 dan antara X terhadap Y2 diperoleh Fhitung > Ftabel atau 48,06 > 4,20. Ha diterima sehingga terdapat pengaruh yang berarti. Korelasi Product Moment hubungan X terhadap Y1 diperoleh rhitung = 0,727 dan hubungan X terhadap Y2 diperoleh rhitung = 0,795 artinya memiliki hubungan yang kuat. Koefisien determinasi hubungan X terhadap Y1 diperoleh r2 = 52,89% dan hubungan X terhadap Y2 diperoleh r2 = 63,18%. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving dengan bantuan alat peraga kartu variabel dan kartu bilangan (X) terhadap kemampuan pemahaman konsep (Y1) dan kreativitas matematika siswa (Y2) pada materi persamaan linear satu variabel SMP Negeri 37 Medan, sehingga diharapkan model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan kreativitas matematika siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/251
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback