Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep DanPemahaman Matematis Peserta Didik Pada Materi Relasi dan Fungsi Di Kelas VIII SMP Swakarya TanjungLangkat T.P.2018/2019.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep DanPemahaman Matematis Peserta Didik Pada Materi Relasi dan Fungsi Di Kelas VIII SMP Swakarya Tanjung Langkat T.P.2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experiment research) dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa/i kelas VIII SMP Swakarya Tanjung Langkat T.P. 2018/2019. Dimana pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak, maka diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-C). Instrumen yang digunakan adalah hasil post-test belajar siswa dengan bentuk esai yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi aktivitas siswa.
Berdasarkan hasil penelitian model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap pemahaman konsep matematika diperoleh hasil perhitungan koefisien determinasi untuk X terhadap Y1 diperoleh r2 = 74,10% dan pada X terhadap Y2 diperoleh r2 = 61,24%. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemahaman matematis pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII SMP Swakarya Tanjung Langkat.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]