Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Aktivitas Belajar Matematika Peserta Didik Pada Materi Koordinat Cartesius Kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2017/2018
Abstract
Penelitianinibertujuanuntuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap aktivitas belajar matematika peserta didik pada materi sistem koordinat cartesius di kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, yaitu kelas VIII-8 yang berjumlah 35 orang, instrumen yang digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar matematika peserta didik adalah angket dalam bentuk pernyataan yang berjumlah 30 butir pernyataan.
Dengan menggunakan uji Liliefors untuk menguji normalitas data skor aktivitas belajar matematika peserta didik diperoleh Lhitung = 0,0728jika dibandingkan dengan harga Ltabel 0,149 ternyata Lhitung < Ltabel, maka aktivitas belajar matematika peserta didik tersebut berdisribusi normal.
Hasil uji signifikan regresi model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap aktivitas belajar matematika peserta didik diperoleh Fhitung = 397,260 dan Ftabel= 4,14ternyata Fhitung>Ftabel, sehingga persamaan regresi dinyatakan berarti pada taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil uji signifikan regresi disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap aktivitas belajar matematika peserta didik pada materi sistem koordinat cartesius di kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Sehingga diharapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika peserta didik.
Medan, Agustus 2018
Collections
- Pendidikan Matematika [662]