• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Aktivitas Belajar Matematika Peserta Didik Pada Materi Koordinat Cartesius Kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2017/2018

    Thumbnail
    View/Open
    Anita Sitorus.pdf (348.4Kb)
    Date
    2018-08-12
    Author
    Sitorus, Anita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitianinibertujuanuntuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap aktivitas belajar matematika peserta didik pada materi sistem koordinat cartesius di kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, yaitu kelas VIII-8 yang berjumlah 35 orang, instrumen yang digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar matematika peserta didik adalah angket dalam bentuk pernyataan yang berjumlah 30 butir pernyataan. Dengan menggunakan uji Liliefors untuk menguji normalitas data skor aktivitas belajar matematika peserta didik diperoleh Lhitung = 0,0728jika dibandingkan dengan harga Ltabel 0,149 ternyata Lhitung < Ltabel, maka aktivitas belajar matematika peserta didik tersebut berdisribusi normal. Hasil uji signifikan regresi model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap aktivitas belajar matematika peserta didik diperoleh Fhitung = 397,260 dan Ftabel= 4,14ternyata Fhitung>Ftabel, sehingga persamaan regresi dinyatakan berarti pada taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil uji signifikan regresi disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap aktivitas belajar matematika peserta didik pada materi sistem koordinat cartesius di kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Sehingga diharapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika peserta didik. Medan, Agustus 2018
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1623
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback