Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achiement Division (STAD) Terhadap Kemampuan KomunikasiMatematis Peserta Didik Pada Materi SPLDV Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Purba T.P 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams achiement Division (STAD) terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi SPLDV di kelas VIII SMP Negeri 1 Purba T.P. 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Purba T.A 2018/2019. Dengan teknik simple Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-1). Instrumen yang digunakan adalah post test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi aktifitas peserta didik.
Berdasarkannilaikemampuankomunikasi matematis pesertadidik diperoleh persamaanregresi, Y ̂=22,3+0,78 X, artinyasetiap kenaikanpembelajaran denganmenggunakanmodel pembelajarankooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)sebesar 1 satuanakanmeningkatkemampuan komunikasi matematispeserta didiksebesar 0,78 satuan. Dan hasilperhitungankoefisien korelasi rxy= 0,504 artinya karena rhitung>rtabel atau 0,504>0,361 ini berarti terdapat pengaruh yang cukup antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan komunikasi matematis pesertadidik dankoefisiendeterminasidiperoleh r2= 61,06%artinyabahwakemampuankomunikasi matematis pesertadidikdipengaruhiolehmodel pembelajarankooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)sebesar61,06%. Makadapatdisimpulkanbahwa model pembelajarankooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)dapatmempengaruhikemampuankomunikasi matematispesertadidik.Sehingga model pembelajarankooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)dapatdigunakansebagaisalahsatualternatif untukmeningkatkan kemampuan komunikasi matematispesertadidik.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]