• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achiement Division (STAD) Terhadap Kemampuan KomunikasiMatematis Peserta Didik Pada Materi SPLDV Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Purba T.P 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Lija Sianturi.pdf (702.0Kb)
    Date
    2018-08-15
    Author
    Sianturi, Lija
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams achiement Division (STAD) terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi SPLDV di kelas VIII SMP Negeri 1 Purba T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Purba T.A 2018/2019. Dengan teknik simple Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-1). Instrumen yang digunakan adalah post test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi aktifitas peserta didik. Berdasarkannilaikemampuankomunikasi matematis pesertadidik diperoleh persamaanregresi, Y ̂=22,3+0,78 X, artinyasetiap kenaikanpembelajaran denganmenggunakanmodel pembelajarankooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)sebesar 1 satuanakanmeningkatkemampuan komunikasi matematispeserta didiksebesar 0,78 satuan. Dan hasilperhitungankoefisien korelasi rxy= 0,504 artinya karena rhitung>rtabel atau 0,504>0,361 ini berarti terdapat pengaruh yang cukup antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan komunikasi matematis pesertadidik dankoefisiendeterminasidiperoleh r2= 61,06%artinyabahwakemampuankomunikasi matematis pesertadidikdipengaruhiolehmodel pembelajarankooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)sebesar61,06%. Makadapatdisimpulkanbahwa model pembelajarankooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)dapatmempengaruhikemampuankomunikasi matematispesertadidik.Sehingga model pembelajarankooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)dapatdigunakansebagaisalahsatualternatif untukmeningkatkan kemampuan komunikasi matematispesertadidik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1620
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback