Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Peluang Di Kelas X SMA Negeri 14 Medan T.A 2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa pada materi peluang kelas X SMA Negeri 14 Medan 2024/2025. Efektivitas dalam konteks pendidikan mengacu pada sejauh mana suatu proses pembelajaran dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara optimal. Proses pembelajaran dimulai dari penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang menekankan keterlibatan aktif siswa dalam memecahkan masalah kontekstual. Melalui model ini, siswa diarahkan untuk memahami konsep secara mendalam dan mengaitkannya dengan situasi nyata, sehingga meningkatkan pemahaman konsep. Di sisi lain, keterlibatan dalam pembelajaran bermakna juga berdampak pada peningkatan motivasi belajar siswa, baik secara intrinsik maupun ekstrinsik. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas X, dan sampel penelitian yang terdiri dari 64 siswa kelas X. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes, angket dan lembar observasi. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t dan uji deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa dengan memenuhi seluruh indikator efektivitas yang ditetapkan, (2) berdasarkan pencapaian indikator efektivitas, pembelajaran berbasis masalah terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, (3) pembelajaran berbasis masalah berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa sebesar 81,9%.
Collections
- Pendidikan Matematika [701]