• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Peluang Di Kelas X SMA Negeri 14 Medan T.A 2024/2025

    Thumbnail
    View/Open
    Ria Irawaty Sianturi.pdf (397.0Kb)
    Date
    2025-09
    Author
    Sianturi, Ria Irawaty
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan mengetahui pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa pada materi peluang kelas X SMA Negeri 14 Medan 2024/2025. Efektivitas dalam konteks pendidikan mengacu pada sejauh mana suatu proses pembelajaran dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara optimal. Proses pembelajaran dimulai dari penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang menekankan keterlibatan aktif siswa dalam memecahkan masalah kontekstual. Melalui model ini, siswa diarahkan untuk memahami konsep secara mendalam dan mengaitkannya dengan situasi nyata, sehingga meningkatkan pemahaman konsep. Di sisi lain, keterlibatan dalam pembelajaran bermakna juga berdampak pada peningkatan motivasi belajar siswa, baik secara intrinsik maupun ekstrinsik. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas X, dan sampel penelitian yang terdiri dari 64 siswa kelas X. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes, angket dan lembar observasi. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t dan uji deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa dengan memenuhi seluruh indikator efektivitas yang ditetapkan, (2) berdasarkan pencapaian indikator efektivitas, pembelajaran berbasis masalah terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, (3) pembelajaran berbasis masalah berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa sebesar 81,9%.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/12511
    Collections
    • Pendidikan Matematika [701]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback