Pengaruh Pembelajaran Deep Dialogue / Critical Thinking(DD/CT) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Peluang Dikelas X SMAS Katolik Budi Murni – 3 Medan
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari sebuah model pembelajaran deep dialogue / critical thinking (DD/CT) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa di kelas X SMA pada materi peluang di SMA Swasta Katolik Budi Murni – 3 Medan. Jenis penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan menggunakan quasi eksperiment dengan desain peneltian ialah pretest postest control group desain. Penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Uji coba intrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah uji validitas, uji reliabilitas, uji daya pembeda soal dan uji tingkat kesukaran soal, untuk mengetahui apakah soal yang akan diuji tersebut layak atau tidak. Uji prasyarat yang digunakan ialah uji normalitas dan uji homogenitas. Untuk uji hipotesis digunakan uji t – independent (��: 0,05%) dengan kriteria P. Value harus lebih kecil dari 0,05, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil uji t – independent yang diperoleh ialah 0,004. Perbedaan yang sigifikan terhadap kelas kontrol dan kelas eksperimen yang diberikan perlakukan yang berbeda dapat disimpulkan bahwasanya model pembelajaran deep dialogue/critical thinking (DD/CT) berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.
Collections
- Pendidikan Matematika [701]