Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Statistika Melalui Model Problem Based Learning Di Kelas X SMA Swasta HKBP Sidorame Medan T.A 2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik di kelas X SMA Swasta HKBP Sidorame Medan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi statistika yaitu ukuran pemusatan data berdasarkan indicator kemampuan pemecahan masalah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan yaitu metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dari tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Subjek yang diambil untuk penelitian yaitu 2 orang siswa kemampuan pemecahan masalah tinggi, 2 orang siswa kemampuan pemecahan masalah sedang, dan 2 orang siswa kemampuan pemecahan masalah rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes pemecahan masalah dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. (1) Siswa dengan kategori tinggi mampu menyelesaikan masalah berdasarkan langkah indicator kemampuan pemecahan masalah dengan baik dan sistematis serta melakukan proses perhitungan dengan benar. (2) Siswa dngan kategori sedang mampu menyelesaikan masalah berdasarkan indicator pemecahan masalah tetapi kurang teliti dalam melakukan proses perhitungan.(3) Siswa dengan kategori rendah belum mampu memenuhi setiap indicator pemecahan masalah dengan baik serta belum mampu mengerjakan soal dan melakukan perhitungan dengan benar.
Collections
- Pendidikan Matematika [689]