• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT KELAS VII SMP NEGERI 12 MEDAN T.A 2024/2025

    Thumbnail
    View/Open
    Ruth Serep Vinne Sihite.pdf (9.308Mb)
    Date
    2025-07
    Author
    Sihite, Ruth Serep Vinne
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Kemampuan Literasi Numerasi pada Materi Operasi Bilangan Bulat di SMP Negeri 12 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektivitasan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan literasi numerasi siswa pada materi operasi bilangan bulat di SMP Negeri 12 Medan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 12 Medan. Dengan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VII-3) dengan total siswa 30 orang dan kelas kontrol (VII-6) dengan total siswa 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk esai yang telah dilakukan uji prasyarat instrumen tes serta lembar observasi.Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh perhitungan pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pre test 18,43333 dan nilai rata-rata post test 81,06667. Pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pre test 15 dan nilai rata-rata post test 70,06667. Maka, Berdasarkan hasil perhitungan kualitas tingkat pembelajaran pada kemampuan literasi numerasi menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% yang berarti ada perbedaan antara model Numbered Heads Together (NHT) dengan model konvensional. Berdasarkan lembar observasi kesesuaian tingkat pembelajaran pada aktivitas guru diperoleh nilai 4,16 dan pada aktivitas siswa diperoleh nilai 4,02 yang artinya kesesuaian tingkat pembelajaran dalam kriteria baik. Berdasarkan lembar observasi alokasi waktu diperoleh nilai 4 yang artinya alokasi waktu dalam kriteria baik. Berdasarkan kualitas pembelajaran, kesesuaian tingkat pembelajaran, dan alokasi waktu, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) efektif terhadap kemampuan literasi numerasi materi operasi bilangan bulat di SMP Negeri 12 Medan.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/12426
    Collections
    • Pendidikan Matematika [689]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback